13.7.08

Liburan Sekolah : Kursus Renang

Cukup sulit mencari informasi kursus renang di Jakarta.
Pengalaman kakak ipar dan sepupu Mahdi lainnya, mereka kursus renang di Manggala Wana Bakti Sport Club dan kolam renang Pondok Indah (samping PIM 1).
Hampir lupa kalau deket rumah ada kolam renang yang sudah mencetak atlit2 renang Indonesia: kolam renang Senayan.

Cek punya cek... berikut perbandingan harga kursus renang private:
1. Manggala Wana Bakti (MWB) Sport Club : 10x datang + tiket masuk: Rp. 450,000
2. kolam renang Pondok Indah: seminggu sekali = Rp. 250,000 perbulan + tiket masuk (kira2 Rp. 30,000an)
3. kolam renang Senayan: 8x datang + tiket masuk = Rp. 500,000; 4x datang + tiket masuk = Rp. 250,000

Khusus untuk kolam renang Senayan, ada beberapa klub di sana:
1. Pari Sakti (pimpinan Raja Nasution), uang pendaftaran Rp. 300,000, uang kursus (selasa sampai dgn jumat, jam 4 sore) Rp. 200,000. Nomor yang dapat dihubungi: 081584617883.
2. KH Putra (moga2 namanya bener...), uang pendaftaran Rp. 150,000, uang kursus (selasa dan jumat, jam 4 sore) Rp. 150,000. Nomor yang dapat dihubungi: 081310129862 (Supardi

Akhirnya, pilihan kursus renang jatuh pada kolam renang senayan. Karena belum punya info kualitas dan situasi renang di sana, aku berkunjung dulu melihat-lihat kolam renang dan beberapa anak yang sedang kursus renang private di sana. Kakak saya sempat juga datang pada saat klub renang berlatih. Karena kursus renang dengan klub pesertanya terlalu banyak tidak sebanding dengan pelatihnya dan Mahdi-Ardi belum bisa renang sama sekali, ya... kami sepakat mengambil private aja untuk Mahdi-Ardi-Rasya. Private 8x datang jam 7.30-9.00 selama liburan sekolah. Kalau Sabtu pagi, ayah Pungki ikutan renang. Cuman bayar tiket masuk Rp. 15ribu saja. Puasss...
Pelatih renangnya pun oke... karena mereka adalah pelatih klub-klub yang ada di Senayan, pastinya mereka punya metode mengajar yang udah terbukti lah...

Dan walhasil... memang cara pelatih mengajar anak umur 4-6th (Mahdi dan Ardi) dan 10 th (Rasya) berbeda. Pelatih tidak memaksa anak masuk ke kolam renang seperti yang saya lihat waktu Rasya kursus di Manggala Wana Bakti. Pelatih di Senayan punya cara sendiri yang simpatik membuat anak mau berenang dengan senang hati.

Sebelum masuk ke kolam renang, anak-anak pemanasan dulu, yaitu lari dari dinding ke dinding. Lalu loncat-loncat. Setelah sekitar 5-10 menitan pemanasan... masuk deh ke kolam renang. Di sana tidak ada kolam dangkal. Mahdi dan Ardi langsung masuk kolam yang dalamnya kira-kira 1,25 meter.
Pertama-tama, mereka belajar 'tiup balon' alias ambil nafas di udara-tiup udara di air. Jika sedang tidak renang, Mahdi dan Ardi menunggu duduk dipinggir kolam, sementara Rasya yang sudah cukup tinggi nyemplung terus dikolam.
Lalu... belajar menggerakan kaki gaya katak.
Lalu... pasang kacamata renang.... dan loncat dalam keadaaan duduk dipinggir kolam ke pelatih. Pelatih menangkap Mahdi dan memberikan instruksi menggerakan kaki gaya katak.

Hari kedua, anak-anak mulai menggunakan papan renang berenang gaya katak ditarik pelatih. Awalnya membiasakan gerakan kaki gaya katak.
Lalu, hari ketiga mulai diajarkan meluncur. Kaki menendang badan pelatih dengan kepala didalam air... kepala baru boleh diangkat setelah sampai dipinggir kolam. Jangan takuttt... jarak luncurnya tidak jauh kok. Namanya juga baru belajar...

Hari berikutnya kurang lebih sama mengulang yang pernah diajarkan. Sampai hari ke 7, Mahdi sudah lumayan bisa gaya katak, tapi dia masih kadang lupa menggerakan kakinya dengan benar. Ardi yang super takut air waktu kecilnya... sudah bisa berenang tanpa dipegang pelatih walaupun belum dari ujung ke ujung kolam. Rasya... wah... sudah bisa berenang dari ujung ke ujung.
Menurut saya, Mahdi dan Ardi masih perlu latihan lanjutan untuk memantapkan gaya kataknya.

Kenapa anak2 bisa cukup cepat belajar renang? Selain pelatih yang menurut saya punya metode yang sesuai dengan karakter anak saya dan sepupunya, rahasia lain adalah... janji hadiah bagi yang bisa gaya katak setelah 8x latian renang... hehehe...

Buat yang anaknya takut sama air... di kolam renang Senayan ada pelatih yang punya cara menaklukan anak yang takut air.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

salam kenal, mba sinta. saya sylvi, lagi mampir di "rumah" mba. boleh tau mba siapa pelatih yg ngajar rasya & ardi renang di senayan? anak saya mau les renang tapi bingung sama siapa? terima kasih sebelumnya.

Diah mengatakan...

Salam kenal mbak.. boleh minta nama & no telpon pelatih renangnya ?. Terima kasih Banyak..

Diah H.

Hendi Permana Kusuma mengatakan...

Les Renang bagi Anak-anak & Remaja di Jakarta,Bogor,Tangerang dan Bekasi
Kebetulan Sekali Saya bisa berenang sedikit-sedikit.Lalu berencana ingin mengamalkan Penge tahuan renang Saya ini pada banyak Orang & sementara ini Saya tujukan pada Anak-anak s/d Remaja dulu sa ja baik Pria maupun Wanita.Perihal waktu & biaya Kita tentukan kemu dian,Saya pasti berikan tarif ter baik bagi anda,bila bisa di Bawah pasaran tarif Jakarta (bila di Jabotabek).Ada pun batasan umur siswa/I yang Saya terima yakni : umur 5- 18 tahun. Mengenai perSya ratan dll bisa kita bahas via HP atau email.Bila anda serius segeralah hubungi Saya: 0811255798(boleh SMS),atau hendi.pk@gmail.com



Peter ron mengatakan...

Kursus renang untuk berumur minimal 12 tahun, 1 hari langsung bisa, Khusus daerah jakarta barat , Hanya Rp. 250.000. (di luar tiket masuk kolam renang) Hub : 021-40062333.

nova sundari mengatakan...

Tdk ada yg sabtu minggu ya tuk les berenang yaa ...?? Info dunks